Ini Untuk Makalahnya
Ini Untuk Power Pintnya
MENGELOLA
KOMUNIKASI PRIBADI
PEMASARAN
LANGSUNG DAN INTERAKTIF, BERITA DARI MULUT KE MULUT
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Saat
ini, semakin banyak komunikasi pemasaran yang terjadi sebagai semacam dialog
pribadi antara perusahaan dan pelanggannya. Perusahaan tidak hanya harus
menanyakan “bagaimana pelanggan harus memperkuat kita ?” dan bahkan “bagaimana
pelanggan kita dapat saling menjangkau ?” kemajuan teknologi memungkinkan
masyarakat dan perusahaan untuk saling berkomunikasi melalui internet, mesin
faks, telepon selular, dan peralatan nirkabel. Dengan meningkatkan efektivitas
dan efisiensi komunkasi, teknologi bar mendorong perusahaan untuk beralih ari
komunikasi massa k komunikasi massa dua arah yang lebih terarah. Kini konsumen memainkan
memiliki peran yang lebih banyak untuk
berpartisipasi dalam proses pemasaran. Dalam makalah ini, dipertimbangkan
bagaimana perusahaan memersonalisasikan komunikasi pemasaran mereka agar lebih
memberikan pengaruh.
B. Rumusan
Masalah
Adapun permasalahan yang dibahas di dalam makalah ini adalah :
1.
Apakah yang dimaksud dengan pemasaran langsung dan
hal-hal yang termasuk didalamnya ?
2. Apa
sajakah yang termasuk dalam pemasaran interaktif ?
3. Apa
sajakah komponen-komponen dalam berita dari mulut ke mulut?
C.
Adapun tujuan dari makalah ini adalah :
1.
Untuk mengetahui pengertian pemasaran langsung
dan hal-hal yang termasuk didalamnya.
2.
Untuk mengetahui hal-hal yang termasuk dalam
pemasaran interaktif.
3.
Untuk mengetahui komponen-komponen dalam berita
dari mulut ke mulut.
D. Manfaat
Penulisan
Manfaat dari penulisan makalah ini
adalah mempermudah pembaca untuk belajar atau menambah pengetahuan tentang
mengelola komunikasi pribadi: pemasaran langsung dan interaktif, berita dari
mulut ke mulut dalam manajemen pemasaran.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
- PEMASARAN LANGSUNG
Pemasaran langsung (direct marketing) adalah penggunaan aluran langsung konsumen untuk
menjangkau dan mengirimkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan
perantara pemasaran. Pemasar langsung dapat menggunakan sejumlah saluran untuk
menjangkau calon pelanggan dan pelanggan perorangan, seperti surat langsung,
pemasaran katalog, telemarketing, TV interaktif, kios, situs web, dan peralatan
bergerak (mobile). Mereka sering
mencari respon terukur, umumnya pesanan pelanggan, melalui pemasaran pesanan
langsung (direct-order maketing).
Manfaat
Pemasaran Langsung
Konsumen yang tidak mempunyai banyak
waktu dan sudah meraa lelah dengan lalu
lintas dan sulitnya mencari tempat parkir, menghargai nomor telepon bebas
pulsa, situs web yang tersedia 24 jam, serta komitmen pemasar langsung kepada
layanan pelanggan membuat pemesanan semakin mudah dan cepat. Pemasar langsung
dapat membeli daftar surat yang berisi nama-nama hampir semua kelompok:orang
kidal, orang yang kelebihan berat badan, miliuner, dan lain-lain.
Pemasaran langsung dapat menjangkau
calon pelanggan pada saat yang tepat dan dibaca oleh calon pelanggan yang lebih
memilih prospek. Pemasaran langsung mmungkinkan pemasar menguji meia dan pesan
alternatif unntuk menemukan pendekatan yang paling efektif dari segi biaya.
Pemasaran langsung juga membuat penawaran dan strategi pemasar langsung kurang
dapat dilihat oleh pesaing. Terakhir, pemasar langsung dapat mengukur respon
terhadap kampanye mereka agar dapat diputuskan bentuk kampanye yang paling
menguntungkan. Salah satu pemasar langsung yang paling berhasil adalah Lands’
End.
Berikutnya kita mempertimbangkan
beberapa masalah kunci yang menentukan karakter berbagai saluran pemasaran
langsung.
a.
Surat
Langsung
Pemasaran melalui surat atau pengeposan
langsung berarti mengirimkan penawaran, pengumuman, pengingat, atau barang lain
ke konsumen perorangan. Dengan menggunakan daftar surat yang sangat selektif,
pemasar langsung mengirimkan jutaan surat pertahun, surat, selebaran, brosur,
dan “wiraniaga bersayap” lainnya. Beberapa pemasaran langsung mengirimkan CD,
DVD, dan disket kepada calon pelanggan dan pelanggan.
Surat langsung merupakan media yang
terkenal karena memungkinkan selektivitass pasar sasaran, dapat dapat
disesuaikan dengan konsumen yang dituju, fleksibel, dan memungkinkan pengujian
dini dan pengukuran respons. Kelemahannya, begitu banyak pemasar yang
mengirimkan surat langsung hingga kotak pos si pelanggan menjadi penuh sehingga
bisa saja pelanggan tersebut mengabaikan tumpukan surat dari berbagai pemasar
yang mereka terima.
Tujuan
sebagian
besar pemasar langsung ingin mendapatkan pesanan dari calon pelanggan dan
menilai keberhasilan kampanye berdasarkan tingkat respons dari pelanggan. Surat
langsung juga dapat menghasilkan petunjuk dari calon pelanggan, memperkuat
hubungan pelanggan, mengnformasikan dan mendidik pelanggan, mengingatkan
pelanggan tentang penawaran, dan memperkuat keputusan pembelian pelanggan
terbaru.
Pasar
Sasaran dan Prospek sebagian besar pemasar langsung
menerapkan formula R-F-M (kebaruan (recency), frekuensi, jumlah moneter
(monetary amount) untuk memilih pelanggan menurut berapa banyak waktu
berlalu sejak pembelian terakhir mereka, berapa kali mereka membeli, dan berapa
banyak uang yang mereka habiskan sejak menjadi pelanggan. Calon pelanggan
terbaik perusahaan adalah pelanggan yang telah membeli produknya di masa lalu.
Elemen
Penawaran strategi penawaran mempunyai lima elemen: produk,
penawaran, media, metode distribusi, dan strategi kreatif. Pemasar surat
langsung juga harus memilih lima komponen surat itu sendiri: amplop luar, surat
penjualan, pamflet, formulir jawaban, dan amplop jawaban. Berikut ini beberapa
temuan :
1. Amplop
luar haru berisi ilustrasi, berwarna, menarik, mudah diingat, bentuk dan ukuran
menarik perhatian.
2. Surat
penjualan, singkat, menggunakan salam pribadi, dan dimulai dengan kepala berita
dengan hurf tebal.
3. Pamflet
berwarna yang menyertai surat biasanya meningkatkan tingkat respns lebih besar
dari biayanya.
4. Pengirim
surat langsung harus menampilkan nomor bebas pulsa dan situs web dimana
penerima dapat mencetak kupon.
5. Amplop
jawaban dengan perangko gratis akan meningkatkan tngkat respons secara
dramatis.
Surat langsung harus ditindaklanjuti
dengan e-mail, yang lebih murah dan tidakbegitu mengganggu dibandingkan
pemasaran lewat telepon.
Menguji
Elemen salah satu keunggulan besar pemasaran langsung
adalah kemampuan untuk menguji, di bawah kondisi pasar sebenarnya, berbagai
elemen strategi penawaran, seperti produk, fitur produk, kerangka dasaar
tulisan, jenis jasa pengirim surat, amplop, harga, atau daftar alamat surat.
Mengukur
Keberhasilan Kampanye: Nilai Semur Hidup dengan
menambahkan biaya kampanye yang direncanakan, pemassar langsung dapat
menentukan tingkat respons titi impas yang dibutuhkan. Tingkat ini harus
merupakan hasil bersih barang yang dikembalikan dan piutang tak tertagih.
b.
Pemasaran
Katalog
Dalam pemasran katalog, perusahaan dapat
mengirimkan katalog barang lini penuh, katalog konsumen khusus, dan katalog
bisnis, biasanya dalam bentuk CD, video, atau online. Melalui katalog nereka,
Avon menjual kosmetik, IKEA menjual perabot, dan Saks Fifth Avenue menjual
busana khusus. Keberhasilan bisnis katalog bergantung pada pengelolaan daftar
pelanggan secara cermat untuk menghindari duplikasi atau piutang tak tertagih,
mengendalikan persediaan secara seksama, menawarkan barang berkualitas sehingga
tingkat pengembalian barang rendah, dan memproyeksikan citra yang berbeda.
Beberapa perusahaan menambahkan literatur atau fitur informasi, mengirimkan
ontoh bahan, mengoperasikan hotline
tertentu untuk menjawab pertanyaan, mengirimkan hadiah ke pelanggan terbaik
mereka, dan mendonasikan persentase laba untuk tujuan amal.
c.
Telemarketing
Telemarketing
(pemasaran
jarak jauh) adalah penggunaan telepon dan pusat panggilan untuk menarik
prospek, menjual, kepada pelanggan yang telah ada dan menyediakan layanan
dengan mengambil pesanan dan menjawab pertanyaan melalui telepon. Telemarketing
membantu perusahaan dalam meningkatan pendapatan, mengurangi biaya penjualan,
dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
d.
Media
Lain untuk Pemasaran Respons Langsung
Pemasar langsung menggunakan seluruh
media utama. Surat kabar dan majalah berisi banyak iklan media cetak yang
menawarkan buku, artikel pakaian, peralatan, liburan, serta barang dan jasa
lain yang dapat dipesan perorangan melalui nomor bebas pulsa.
e.
Masalah
Publik dan Etika dalam Pemasaran Langsung
Pemasar langsung dan pelanggannya
biasanya memiliki hubungan yang salng menguntungkan. Meskipun demikian,
kadang-kadang, ada sisi negatif yang muncul:
1. Kejengkelan,
banyak orang yang tidak mempunyai sejumlah besar tawaran pemasaran langsung, yang melibatkan
penjualan paksa.
2. Ketidakadilan,
beberapa pemasar langsung memanfaatkan pembeli yang impulsif aau kurang
mengerti atau mengeksploitasi orang yang rentan, terutama orang lanjut usia.
3. Penipuan
dan pemalsuan, beberapa pemasar langsung merancang surat dan menulis teks yang
dimaksudkan untuk menipu.
4. Serangan
privasi, para kritikus mengkhawatirkan bahwa pemasar mungkin tahu terlalu
banyak tentang kehidupan konsumen sehingga mereka dapat menggunakan pengetahuan
ini untuk mengambil keuntungan secara tidak jujur.
- PEMASARAN
INTERAKTIF
Saluran terbaru untuk berkomunikasi dan
menjual secara langsung ke pelamggan adalah saluran elektronik. internet
menyediakan peluang kepada pemasar dan konsumen untuk interaksi dan individualisasi
yang jauh lebih besar. Sedikit program pemasaran yang dianggap lengkap tanpa
beberapa jenis komponen online penting.
a.
Keunggulan
dan Kelemahan Pemasaran Interaktif
Pemasaran interaktif menawarkan manfaat
unik. Perusahaan dapat mengirimkan pesan khusus yang melibatkan konsumen dengan
mencerminkan minat dan perilaku khusus mereka.
Web menawarkan keunggulan penempatan
kontekstual dan membeli iklan di situs yang berhubungan dengan penawaran
pemasar.konsumen ringan media lain,terutama televisi,dapat di jangkau secara
online. Web sangat efektif untuk menjangkau masyarakat sepanjang hari.
Penggunaan web juga mempunyai kelemahan.
Konsumen dapat menyring sebagian besar pesan secara efektif.pemasar mungkin
menganggap iklan mereka lebih efektif di bandingkan seharusnya akibat klik
palsu yang di hasilkan oleh situs web yang menggunakan piranti lunak. Pengiklan
kehilangan kendali atas apa yang ingin di lakukan konsumen dengan pesan online
dan kegiatan mereka.
b.
Menempatkan
Iklan dan Promosi Online
Perusahaan memilih bentuk pemasaran
interaktif yang paling efektif biaya dalam mencapai tujuan komunikasi dan
penjualan.
Situs
Web
Perusahaan harus merancang situs web yang membentuk atau mencerminkan tujuan
mereka,sejarah,produk,dan visi. Tantangan kuncinya adalah merancang situs yang
menarik oran menonton untuk yang pertama kalinya dan cukup menarik untuk
mendorong kunjungan berulang.
Situs
Mikro Adalah daerah terbatas di web yang di kelola dan di
bayar oleh pengiklan/perusahaan luar. Situs mikro adalah laman web individual
atau kumpulan laman yang berfungsi sebagai suplemen situs utama. Situs miro
cocok khususnya bagi perusahaan yang menjual produk dengan minat rendah.
Iklan
Pencari Area yang tumbuh dengan cepat dalam pemasaran
interaktif adalah iklan pencarian berbayar (paid-search) atau iklan berbayar
per-klik (pay-per-click) ,yang merepresentasikan 40% dari semua iklan online.
Iklan
Tampilan (display ads) atau iklan spanduk adalah kotak
kecil persegi yang berisi teks dan mungkin gambar yang di bayar perusahaan
untuk memasang iklan di situs web yang berkaitan.
Iklan
Antara Adalah iklan yang sering dilengkapi video atau
animasi , yang muncul antara perubahan pada situs web.
Iklan
Dan Video Khusus Internet Dengan situs konten yang di buat pengguna
seperti Youtube,Myspace video,dan Google, konsumen dan pengiklan dapat memuat
iklan dan video untuk i bagikan ke jutaan orang.
Pemberian
Sponsor banyak perusahaan memasang namanya di internet
dengan mensponsori konten khsus di situs web yang berisi berita, informasi
keuangan, dan seterusnya. Tempat terbaik untuk pemberian sponsor (sponsorship)
adalah disitus yang diarahkan dengan baik dan menawarkan informasi atau jasa
relefan. Sponsor membayar untuk memperlihatkan konten itu dan selanjutnya
mendapatkan pengakuan sebagai sponsor jasa tertentu disitus tersebut.
Aliansi
ketika
satu perusahaan internet bekerjasama dengan perusahaan lain, mereka saling
mengiklankan satu sama lain melalui aliansi (alliances) dan program afiliasi
(affiliate programs).
Komunitas
online banyak perusahaan mensponsori komuntas online yang
anggotanya berkomunikasi melalui posting, pesan instans, dan diskusi percakapan
tentang minat khusus yang berhubungana dengan produk dan merek perusahaan.
komunitas ini dapat memberikan informasi yang berguna dan sulit didapat oleh
perusahaan.
E-mail,
E-mail hanya menggunakan sebagian biaya kampanye “d-mail” , atau surat
langsung. Berikut ini adalah beberapa panduan penting untuk kampanye e-mail
produktif, diikuti oleh pelopor pemasar e-mail:
1. Memberikan
alasan kepada pelanggan untuk merespons. Menawarkan imbalan yang kuat bagi yang
membaca e-mail dan iklan online seperti permainan teka-teki e-mail, perburuan,
dan undian pemenang instans.
2. Mempersonalisasikan
konten e-mail anda. iSource IBM didistribusikan lngsung ke e-mail kantor
pelanggan setiap minggu, hanya mengirimkan “berita yang mereka pilih” dalam
Announcement dan Weekly Updates.
3. Menawarkan
sesuatu yang tidak bisa didiapatkan pelanggan melalui surat langsung karena
kampanye e-mail dapat dilakukan dengan cepat, mereka dapat menawarkan informasi yang dibatasi
waktu. Trevolocity sering mengirimkan e-mail yang berisi tarif penerbangan
murah terakhir. Club med menggunakan e-mail untuk menggambarkan paket liburan
diskon yang belum terjual kepada calon pelanggan dalam data basenya.
4. Mempermudah
pelanggan “untuk berhenti berlangganan”. Pelanggan online menuntut pengalaman
keluar yang positif. Menurut studi Burston-Marsteller dan Roper Starch
Worldwide 10% pengguna web tertas yang
lebih sering berkomunikasi secara online umumnya berbagi pandangan melalui
e-mail dengan 11 teman ketika mereka puas, tetapi menghubungi 17 teman ketika
mereka tidak puas.
Pemasaran
Mobile Pengeluaran iklan mobile diperkirakan $871 juta
diseluruh dunia pada tahun 2006, sebagian besar untuk pesan teks. Namun,
telepon model ganda yang baru akan semakin mempermudah perusahaan membaurkan
telepon seluler dengan layanan internet nirkabel. Dengan sifat telepon seluler
yang bisa dibawa kemana saja dan kemampuan pemasar mempersonalisasikan pesan
berdasarkan demografi, daya tarik pemasaran mobile sudah jelas.
- BERITA DARI MULUT
KE MULUT
Jaringan sosial, seperti myspace dan
facebook, menjadi kekuatan penting bagi dalam pemasaran bisnis ke konsumen
maupun pemasaran bisnis ke bisnis. Aspek kunci jarangan sosial adalah berita
dari mulut ke mulut (word of mouth) serta jumlah dan sifat percakapan dan
komunikasi antara berbagai pihak. Berita dari mulut ke mulut bisa sangat
efektif untuk bisnis kecil yang di dalamnya pelanggan dapat merasakan hubungan
yang lebih pribadi.
a.
Pemasaran
buzz dan viral
Beberapa pemasar menekankan pada dua
bentuk khusus berita dari mulut ke mulut, pemasaran buzz dan viral. Pemasaran
buzz (gosip atau perbincangan) menghasilkan ketertarikan, menciptakan
publisitas, dan mengekspresikan informasi relevan baru yang berhubungan dengan
merek melalui sarana yang tak terduga atau bahkan mengejutkan. Pemasaran viral
(menular seperti virus) adalah bentuk lain berita dari mulut ke mulut, atau
“berita dari satu klik mouse ke klik berikutnya (word of mouse) “yang mendorong
konsumen menceritakan produk dan jasa yang dikembangkan perusahaan atau
informasi audio, video dan tertulis kepada orang lain secara online.
Pemasaran buzz dan viral mencoba
menciptakan publikasi di pasar untuk memamerkan merek dan fitur berharganya.
Sebagian percaya bahwa pemasaran viral dan buzz lebih banyak digerakan oleh
peraturan hiburan dari pada peraturan penjualan. Kampanye viral yang berhasil
ditentukan karakternya sebagai “iklan hiburan yang adiktif, propaganda sendiri
yang hidup disitus web, blog, telepon seluler, papan pesan, dan bahkan aksi
didunia nyata...”
b.
Pemimpin
opini
Periset komunikasi mengajukan pandangan
struktur sosial baru tentang komunikasi antar pribadi. Menurut mereka,
masyarakat terdiri dari faksi , kelompok keci yang anggtanya sering
berinteraksi. Anggota faksi memiliki kesamaan dan kedekatan mereka
memfasilitasi komunikasi efaktif, tetapi juaga melindungi faksi dari ide baru.
Tantanganya adalah menciptakan keterbukaan yang lebih besar sehingga faksi
bertukar informasi dengan faksi lainya dalam masyarakat.
Penulis buku laris malcolm gladweel
menyebutkan ada tiga faktor yang berhasil memicu minat masyarakat tentang
sebuah ide. Menurut faktor pertama “hukum tentang yang sedikit,” terdapat tiga
jenis orang yang membantu dalam menyebarkan ide seperti menyebarkan wabah.
Pertama adalah maven, yaitu otrang yang mengerti tentang hal besar dan kecil.
Kedua adalah penghubung, yaitu orang yang tahu dan berkomunikasi dengan banyak
orang lain. ketiga adalah wiraniaga, yaitu orang yang memiliki kekuatan
persuasi alami. Faktor kedua adalah “kelekatan”. Ide harus diekspresikan
sehingga ide itu memotivasi orang untuk bertindak. Jika tidak “hukum tentang
yang sedikit” tidak akan menimbulkan wabah yang mempu bertahan secara mandiri.
Terakhir, faktor ketiga, “kekuatan konteks”, mengendalikan apakah mereka yang
menyebarkan ide mampu mengatur kelompok
dan komunitas disekitarnya.
c.
Blog
Blog, jurnal atau buku harian online
yang diperbaharui secara teratur menjadi garai penting bagi berita dari mulut
ke mulut. Blog sangat berfariasi, sebagian blog adalah blog pribadi bagi teman
dekat dan keluarga, sedangkan blog lainya dirancang untuk menjangkau dan
mempengaruhi banyak pemirsa. Salah satu daya tarik blog yang jelas adalah
menyatukan orang dengan minat yang sama. Jaringan blog seperti Gawker media
menawarkan portofolio pilihan kepada pemasar. Sebagian konsumen menggunakan
blog dan video sebagai sarana retribusi dan balas dendam terhadap perusahaan
atas layanan yang buruk dan produk yang gagal. Keburukan layanan pelanggan Dell
tersebar keseluruh internet melalui sederet posting “Dell hell”. AOL
mendapatkan maalah ketika seorang pelanggan yang frustasi merekam dan
menyiarkan secara online penolakan empati perwakilan jasa perusahaan untuk
membatalkan layanannya.
d.
Mengukur
efek berita dari mulut ke mulut
Pemasaran mengeksplorasi berbagai ukuran
untuk menangkap pengaruh berita dari mulut ke mulut. Perusahaan riset dan
konsultasi keller fay menyatakan bahwa meskipun 80% berita dari mulut ke mulut
terjadi secara offline, banyak pemasar berkonsentrasi pada pengaruh online
berdasarkan kemudahan penelusuranya.
Dalam mengukur kebehasilan viral dari
situs web jackrabbit.intuit.com yang dirancang unetuk mendukung pemilik bisnis
kecil baru, intuit mengidrntifikasi blog yang juga memilih cerita yang pada
mulanya dipasang oleh bebebrapa blogger berpengaruh berdasarkan ulasan khusus,
atau menulis cerita mereka sendiri. Intuit menggolongkan setip blog menurut
kecepatan (apakah dibutuhkan waktu sebulan atau terjadi dalam beberapa hari),
pangsa suara (seberapa banya percakapan yang terjadi diarena blog), kualitas
suara (apa yang dikatakan dan seberapa positif atau negatif perkataan
tersebut), dan sentimen (seberapa berarti komentar tersebut).
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari pembahasan di atas dapat
disimpulkan bahwa pemasaran langsung adalah sistem pemasaran interaktif yang
menggunakan satu atau lebih media untuk memengaruhi respons terukur atau
transaksi di setiap lokasi. Pemasaran langsung, terutama pemasaran elektronik,
memperlihatkan pertumbuhan yang tajam. Sedangkan pemasaran interaktif memberi
pemasar peluang interaksi dan individualisasi yang jauh lebih besa melalui
situs web yang dirancang dengan baik, dan juga iklan dan promosi online serta
pendekatan lain. Selain itu, ada pula pemasaran berita dari mulut ke mulutyang
menemukan cara untuk melibatkan pelanggan sehingga mereka memilih untuk
berbicara dengan orang lain tentang produk, jasa, dan, merek.
B. SARAN
Dalam pembuatan makalah ini penulis menyadari masih jauh dari
kesempurnaan, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca
yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Kotler, Philip (2009) marketing Management, 13th edition,
Prentice Hall Inc., Englewood Cliffs, New Jersey.
Gimana Caranya ngedownload? Kok tidak bisa admin?
ReplyDeletecara buka pptnyagmn min?ko error
ReplyDeletePpt nya gak bisa di download :(
ReplyDelete